Powered By Blogger

Senin, 10 Oktober 2016

BATIK


          Batik. Batik sudah sangat terkenal di Indonesia. Batik adalah kain bergambar atau bermotif dengan proses pembuatan khusus yang kemudian menjadi ciri khas. Batik telah ditetapkan menjadi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009.


Sejarah Batik
           Kata batik berasal dari Bahasa Jawa. Teknik batik ditemukan oleh G.P.Rouffaer kemudian dikenalkan ke India dan Sri Lanka pada abad ke 6-7. J.L.A. Brandes dan FA Sutjipto mempercayai bahwa batik adalah asli daerah Toraja,Flores,Halmahera dan Papua (yang memiliki tradisi kuno dalam proses pembuatan batik).
          Pola gringsing dikenal sejak abad ke-XII di Kediri,Jawa Timur. Kemajuan industrialisasi dan globalisasi memunculkan teknik baru (otomatisasi) yang dikenal dengan batik cetak (cap). Saat ini,batik tidak hanya dikembangkan di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Cara Pembuatan
          Batik dibuat diatas bahan warna putih dari kain katun (mori). Juga dapat dibuat diatas sutera, poliester,rayon,dll. Canting diisi cairan lilin untuk motif halus dan dengan kuas untuk motif besar. Kemudian kain tersebut dicelupkan pada warna yang diinginkan mulai dari warna cerah ke warna gelap. Kemudian dicelupkan ke bahan kimia untuk menghilangkan cairan lilin.
          Batik tulis dibuat dengan menggunakan tangan secara langsung dengan canting. Batik cap dibentuk dengan cap. Batik lukis dibuat dengan melukis secara langsung pada kain putih.

Contoh macam-macam motif batik :
 
motif Jagad Sekar
 
motif Sidomukti Magetan

 
 motif Kraton

 
motif Jepara

 
motif solo

 
motif kawung

 
motif Tasik

 
motif Pekalongan

 
motif Malang

 
motif Mega Mendung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar