Powered By Blogger

Kamis, 15 Desember 2016

Pakaian Adat Lampung

          hallo.. Nahh,sekarang kami akan membahas tentang Pakaian Adat Lampung. Pakaian adat Lampung juga khas seperti pakaian adat daerah lain. Pakaian adat Lampung sering digunakan saat pernikahan sebagai simbol budaya dan juga digunakan dalam tari daerah.
          Baju adat Lampung untuk laki-laki adalah berupa baju lengan panjang warna putih, celana panjang hitam atau putih, sarunf tumpal, sesapuran dan khikat akhir. Sarung tunpal yaitu sarung khas Lampung yang ditenun menggunakan benang emas. Digunakan diluar celana, dari pinggang hingga lutut. Setelah menggunakan sesapuran atau sehelai kain putih dengan rumbai ringgit yang dikaitkan di luar sarung, khikat akhir atau selendang bujur dilingkarkan ke pundak menutupi bahu. Tidak hanya itu saja, ada juga pernak-pernik antara lain kopiah emas beruji, kalung, perhiasan dada, perhiasan pinggang dan perhiasan lengan. Contohnya kalung papan jajar, kalung buah jukum, selempang pinang, ikat pinggang, gelang burung, gelang kano dan gelang bibit.

          Baju Adat Lampung untuk wanita juga menggunakan sesapuran, khikat akhir, sarung rumpai tapis. Juga ditambah dengan selappai, bebe, katu tapis dewa sano. Apa itu selappai ? Selappai adalah baju tanpa lengan dengan tepi bagian bawah dihiasi rumbai ringgit. Bebe adalah sulaman benang satin berbentuk bunga teratai. Katu tapis dewa sano adalah rumpai ringgit dari kain tapis. Tidak beda dengan laki-laki, wanita juga menggunakan aksesoris seperti siges, seraja bulan, peneken, selapai siger, subang, kembang rambut dan perhiasan leher ( kalung buah hukum, kalung ringgit dan kalung papan jajar).


Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kali ini. Semoga bermanfaat ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar