Powered By Blogger

Senin, 28 November 2016

Pakaian Adat Bangka Belitung


            Provinsi Bangka Belitung adalah sebuah provinsi kepulauan yang sedang dalam tahap berkembang. Provinsi Bangka Belitung Terkenal dengan wisata alamnya, yaitu pantai yang indah, makanan khasnya dan kebudayaan nya yg kental. Nama Bangka Belitung (Bangka Belitung) sendiri terkenal semenjak ditayangkannya film layar lebar yang berjudul "Laskar Pelangi". Pada kesempatan ini kami akan membahas sesuatu yang berubungan dengan kebudayaannya yang khas, yaitu Pakaian Adatnya.
           Pakaian adat Bangka Belitung bernama Baju Baksian, atau juga baju seting dan kain cual. Dari informasi masyarakat sekitar dan juga kepercayaan serta penjelasan banyak orang-orang tua di Babel(Bangka Belitung), pakaian adat tersebut awalnya dibawa oleh saudagar dari Arab yang menikah dengan gadis keturunan Cina asli bangka yaitu berasal dari kota Mentok, Bangka.
 • Pakaian Adat Untuk Perempuan
            Pakaian adat Babel untuk pengantin perempuan dinamakan baju setin. Yang     dibuatndari kain beludru atau kain sutra. Baju ini dipadukan dengan bawahan berupa kain cual. (Sering juga disebut kain lasem). Motif nya ada 2 yaitu motif corak penuh dan motif ruang kosong
 
• Pakaian adat untuk laki-laki
            Untuk pengantin laki-laki, menggunakan sebuah jubah khas jubah Arab dengan warna merah tua. Jubah tersebut delengkapi dengan selendang atau selempang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar